علم التجويد
حق
الحروف
مستحق الحروف
Hukum-hukum baru (arridah) yang timbul oleh sebab-sebab tertentu
setelah hak-hak pada setiap huruf.
|
Hukum-hukum baru (Aridah) yang timbul oleh sebab-sebab
tertentu. Setelah hak-hak hurufnya melekat pada setiap hurufnya. Haqqul huruf
meliputi hukum-hukum seperti Izhar, Ikhfa, Iqlab, Tafkhim, Mad, Waqab, dll.
|
مخارج
الحروف
|
صفات
الحروف
|
احكام
الحروف
|
Membahas tentang tempat-tempat keluarnya huruf
|
Membahas tentang sifat-sifat huruf
|
Membahas tentang hukum-hukum yang lahir dari hubungan
huruf
|
الخط العثماني
|
احكام الوقف و الإبتداء
|
احكام المدّ و القصد
|
Membahas tentang seluk beluk
tulisan mushhaf Utsmani.
|
Membahas tentang hukum-hukum
menghentikan dan memulai bacaan.
|
Membahas tentang hukum-hukum
memanjangkan dan memendekan bacaan
|
10 Pokok Pendahuluan Ilmu Tajwid
مبادئ
عشرة في علم التجويد
اسمه
حدّه حكمه
موضوعه فضله واضعه
نسبته استمداد
مسائله غايته
الفرق بين علم التجويد و علم القراءة
علم
التجويد علم القراءة
tajwid adalah ilmu yang menyebabkan
seseorang mampu memberikan kepada setiap huruf haknya dan mustahaqnya.
Ilmu qiraat adalah suatu pengetahuan
tentang tata cara mengucapkan bentuk kalimat al-Qur’an baik yang disepakati maupun
yang terjadi perbedaan padanya dengan disandarkan kepada seorang imam Qiraat.
حكمه
v Hukum mempelajari ilmu tajwid fardhu kifayah
v Membaca al-Qur’an dengan tajwid hukumnya fardhu ‘ain.
قوله تعالي:وَرَتِلِ
الفُرْءَانَ تَرْتِيْلاً ( المزمل:٤)
-
قال البيضاوي
اي جوده تجويد
-
قال
الامام علي: الترتيل هو تجويد الحروف و معرفة الوقوف
قوله صلي الله عليه و سلم: ربّ قارئ للقران و
القران يلعنة
اى اذا
اخل بمبانية او معانية او بالعمل بما فيه و من جملة العمل ترتيله و تجويده
معني تلاوة القران حق تلاوته
اللسان
|
العقل
|
القلب
|
حظ اللسان يصحيح الحروف بالترتل
|
حظ العقل تفسير المعاني
|
حظ القلب الاتعاظ و التأثر بالانرجار و
الانتمار
|
يرتل يترجم يتعظ
Membahas tentang ayat-ayat al-Qur’anموضوعه
Membahas
tentang kelebihan orang yang membaca al-Qur’an, memahaminya, dan فضله
mengamalkannya.
تاريح
التجويد
اول من
وضع قواعد التجويد من الناحيه العلمية
۱ الخليل بن أحمد الفراهيدي
٢ ابو عبيد القاسم بن سلام
٣ ابو الأسواد الدؤلي
سنة ۱٣٠
اول من
دون علم التجويد نظما
ابي مزاحم الحاقاني
سنة ٣٠٠ هجرية
Membahas tentang kedudukannya ( ilmu syari’atنسبته
استمداد
طريقة اخذ القراءة عن الشيوخ
طريقة المتقدمين
علما
سلف
|
طريقة المتأخرين
علما خلف
|
بمجرّد ان يسمع الاخذ من الشيخ
|
ان يقرأ الأخذ في حضرة الشيخ وهو يسمع له
ويصحح
|
العرض التلقين
المشافهة/ التلفي
بالنظر
بالمصحف
بالغيب بدون المصحف (بالحفظ)
Membahas
tentang masalah-masalah dalam ilmu tajwid,
seperti hukum bacaanمسائله
Membahas
tentang tujuan mempelajari ilmu tajwid memelihara lisan dari kesalahan-غايته
kesalahan dalam ilmu
tajwid.
اللحن
هو الخطأ و الميل عن الصواب
(suatu kesalahan dan
penyimpangan dari suatu yang benar)
لحن جلي: تغيير المعني
: غير مغير المعني
|
لحن خفي
|
Lahnun jali yaitu kesalahan nyata pada lafadz sehingga
kesalahan tersebut dapat diketahui baik oleh ulama maupun oleh orang awam.
-
Lahnun
jali yang merubah makna: mengganti huruf dengan huruf lain contohnya
الحمد الهمد
: mengganti harakat dengan harakat
lain, contohnya
اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ اَنْعَمْتُ عَلَيْهِمْ
-
Lahnun
jali yang tidak merubah makna, contohnya
الحمد للهِ الحمد للهُ
Lahnun
khofi: kesalahan yang terjadi pada lafadz, kesalahan ini hanya diketahui oleh
ulama qiraat atau kalangan tertentu yang mendalami qira’at. Contohnya:
-
meninggalkan
hukum bacaan izhar, ikhfa dan lain-lain.
-
menambah
dan mengurangi huruf bacaan
-
menebalkan
satu huruf tidak pada tempatnya.
الاستعاذة
قال الله تعالي: فإذ قرأت القرأن فإستعذ بالله
من الشيطان الرجيم
صيغ الاستعاذة
اعوذ بالله من الشيطان الرجيم
اعوذ بالله السميع العليم من الشيطان الرجيم
اعوذ بالله العظيم من الشيطان الرجيم
اعوذ بالله من الشيطان الرجيم أنه هو السميع
العظيم
اعوذ بالله العظيم السميع العليم من
الشيطان الرجيم
Apabila
ketika membaca isti’adah setelah membaca isti’adah kemudian ada yang
menyela-nyeladitengah hendaknya mengulangi kembali isti’adah tersebut.
حكم البسمله
واجب:
في قراءة سورة الفاتحة امام شافعي
حرام: قراءة في سورة التوبة
جائز: Ketika
membaca bismillah ditengah surah al-Taubah
سنةKetika membaca semua surah dalam al-Qur’an
:
الاستعاذة
و البسملة و السورة
قطع
الجامع
Memutus semua
|
وصل
الجامع
Menyambung semua
|
وصع
الاستعاذة بالبسملة
Menyambung isti’adzah dengan
basmallah
|
وصل
البسملة بالسورة
Menyambung basmallah
dengan surah
|
قطع الجامع
-
membaca
isti’adzah kemudian berhenti
-
membaca
basmallah kemudian berhhenti
-
membaca
surah kemudian berhenti
وصل الجامع
-
membaca
isti’adzah kemudian
-
menyambungnya
dengan basmallah
-
menyambung
basmallah dengan surah.
وصل البسملة في السورة
-
membaca
isti’adzah kemudian berhenti
-
membaca
basmallah kemudian menyambung dengan surah
البسملة بين السورتين
وصل الكل
Menyambung semua
|
وصل البسملة بأول السورة
Menyambung basmallah dengan awal surah
|
قطع الكل
Memutus semua
|
وصل
أخر السورة بالبسملة و يقف
Menyambung
akhir surah yang pertama dengan basmalah kemudian berhenti.
قطع
الكل
-
membaca
surah pertama lalu berhenti
-
membaca
basmalah lalu berhenti
-
membaca
basmalah yang kedua
من سرحا سد اذا حسد وقف
بسملة
وقف
قل اعوذبربّ النّاس
وصل الكل
-
Membaca
surah yang pertama lalu menyambungnya dengan basmalah dan surah yang kedua.
ومن شرّحاسد اذا حاسد
بسم الله الرحمن الرحيم
قل أعوذ برب الناس
وصل
البسملة بأول السورة
-
Membaca
surah yang pertama dan berhenti
-
Membaca
basmalah lalu menyambungnya dengan awal surah yang kedua.
ومن شرّحاسد اذا حاسد وقف
بسم الله الرحمن الرحيم
قل أعوذ برب الناس
وصل أخر السورة بالبسملة ويقف
-
Membaca
surah yang pertama lalu menyambung dengan basmalah lalu berhenti diakhir basmalah
-
Membaca
surah yang kedua
ومن شرّحاسد اذا حاسد
بسم الله الرحمن الرحيم وقف
قل أعوذ برب الناس
Cara membaca akhir surah Al-Anfal dengan awal surah
al-Baro’ah/ al-Taubah.
-
Meniadakan
isti’adzah diantara keduanya
-
Menetapkan
isti’adzah diantara keduanya.
Menetapkan
istiadzah diantara keduanya
-
أخر
الانفال وقف الاستعاذة وقف براءة
ان الله بكل شيء عليم وقف
اعوذ بالله من الشيطان الرجيم وقف براءة من الله و رسوله
-
أخر
الانفال وقف الاستعاذة وصل براءة
ان الله بكل شيء عليم وقف اعوذ بالله من
الشيطان الرجيم وصل براءة من الله ورسوله
-
أخر
الانفال وصل الاستعاذة وصل براءة
ان الله بكل شيء عليم وصل
اعوذ بالله من الشيطان الرجيم وصل براءة من الله ورسوله
Meniadakan isti’adzah diantara keduanya
أخر الانفال وصل البراءة
|
أخر
الانفال وقف البراءة
|
ان الله بكل شيء عليم وصل براءة من
الله ورسوله
|
ان الله بكل شيء عليم وقف براءة من
الله ورسوله
|
سورة الفاتحة
القارئ عدد حروفها: ۱٥٦
|
عدد تشديداتها: ۱٤ الأمي الأمي
|
من
يحسن نطق حروف الفاتحة نطقا صحيحا
|
من
لا يحسن نطق حروف الفاتحة نطقا صحيحا
|
الأمي
الأرتّ
|
الألثغ
|
التمتام
|
هو
الذي يدغم في غير محل لإدغم
|
هو
الذي يبدل حرفا مكان حد
|
هو
الذي يكرر الحرف
|
المستقيم المتقيم
|
الحمد الهمد
|
انعمت انعمتت
الرحمن الرررحمن
|
Syarat membaca al-Fatihah
1.
Tertib,
harus sesuai dengan urutan ayat
2.
Semua
huruf harus dibaca
3.
Harus
diperjelas tasdidnya
4.
Dibaca
seluruh ayatnya
5.
Jangan
mencidrakan salah satu huruf
6.
Harus
didengar sipembaca
7.
Satu
ayat dengan yang lainnya tidak diselangi oleh apapunyang tidak ada hubungannya
dengan kemaslahatan sholat.
آمين
بالمد
و تخفيف الميم
|
بالقصرو
تخفيف الميم
|
بالأماله
مع المد بينهما
|
بتشديد
الميم مع المد
|
الأفصح
|
مشهور
|
احوال
الناس في قراءتهم للقرآن
المحسن
المأجور
|
المعذور
|
المثيء
الاثم
|
المحسن المأجور هو
الذي تلفي القراءة بسند صحيح, وجود قراءته باللفظ الصحيح العربي الفصيح وهذا حال
من عناه رسول الله صلي الله عليه و سلم في الحديث المتفق عليه الذي يقرأ القرآن
وهو ماهر به مع السفرة الكرام البررة.
“Orang yang belajar langsung
al-Qur’an dengan seorang guru yang memiliki sanad dan ia membacanya dengan
fasih”.
المعذور من
كان لا يطاوعه لسانه, او لا يجد من يهيه الي الصواب بيانه, فإن الله لا يكلف نفسا
الي وسعها¸وهذا حال من عناء الحديث الشريف المتفق عليه و الذي
يقرأ القرآن ويتتعتع فيه وهو عليه شاق فله.......
“orang yang sulit ketika membaca
al-Qur’an , orang yang tidak menemukan guruketika ia hendak membetulkan bacaan
al-Qur’annya”.
المسيئ الاثم من
قدر علي صحيح كلام الله باللفظ الصحيح العربي الفصيح, و عدل الي اللفظ الفاسد
العجمي النبط القبيح, استغذاء بنفسه, و استبدادا برأية و حدسه, و اتكلا علي ما الف
ما حفظه, واستكبارا عن رجوع الي عالم يوقفه علي صحيح لفظه فإنه مقصر بلا شك, واثم
بلا ريب, وغاش بلا مرية.
“ orang yang tidak mau berusaha
memperbaiki bacaan al-Qur’annyapadahal ia mampu untuk melakukannya”.
مراتب
القراءة
ترتيل
|
حدر
|
التدوير
|
التحقيق
|
الترتيل هو
القراءة بتؤدة واطثنان وإخراج كل حرف من مخرجه مع إعطائه حقه و مستحقه مع تدبّر
المعاني
“membaca
dengan pelan dan tenang, mengeluarkan setiap huruf dari makhrajnya dengan
memberikan sifat-sifat yang dimilikinya, baik asli maupun baru datang sambil
memperhatikan makna ayat”.
الحدر هو الإسراع في القراءة مع مراعات الأحكام
“ membaca dengan cepat tapi masih
tetap memelihara hukum-hukumnya”.
التدوير هو
مرتبة بين الترتيل و الحدر
“ tingkat pertengahan antara tartil
dan hadr”.
التحقيق هو
مثل الترتيل الاّ أنه أُكثر أطمئنان
“ membaca seperti halnya tartil tetapi lebih tenang dan
berlahan”.
الوقف
|
السكته
|
القطع
|
الوقف هو
قطع الصوت علي الكلمة زمنا يسيرا يتنفس فيه عادة بنية إستئناف القراءة
“ Memutuskan suara pada suatu kalimat dalam waktu tertentu,
tidak begitu lama, kenudian mengambil nafas satu kali dengan niat untuk memulai
kembali.
الإختياري
|
الإفتباري
|
الإنتظاري
|
الإضطراري
|
الإضطراري هو ما
يعرض بسبب ضيق النفس ونحوه كعجز ونسيان
“ Berhenti mendadak karena terpaksa,
seperti kehabisan nafas, batuk dan lupa”.
Dua
alternatif yang harus dipilih sang qori ketika ia hendak memulai bacaannya lagi
karena berhenti secara terpaksa.
1.
Memulai
kembali bacaannya dari kalimat sebelumnya yang cocok dan baik, jika
penghentiannya belum sempurna, misalnya berhenti pada lafadz dan makna yang
belum sempurna.
Contoh berhenti pada kata الحمد
لله pada
ayat”
الحمد
لله رب العالمين
· Maka ia harus memulai kembali
bacaannya dari lafadz الحمد لله tidak
boleh langsung menyambungnya dengan lafadz رب العالنين
2.
Melanjutkan bacaan pada kalimat berikutnyatanpa harus
mengulang kembali bacaannya kalau pemberhentiannya ditempat yang baik dari segi
lafadz dan makna.
الم نشرح لك صدرك
الإنتظاري هو ان يقف علي كلمة ليعطف عليها رغيرها حين جمعه لإختلاف
الرواية
“ Berhenti (menunggu) pada suatu
kalimat guna dihubungkan dengan kalimat lain pada bacaan yang tengah dibaca,
ketika ia menghimpun beberapa qiraat dan ada beberapa perbedaan riwayat. Contoh
pada surah al-Baqarah ayat 24:
فإن لم تفعلوا ولن تفعلوا
فاتقوا النار التى وقودها الناس والحجارة أعدت للكفرين
-
Pada lafadz الحجارة ada yang berpendapat lebih baik washal tetapi ada pula yang
membolehkan waqaf.
-
Untuk
mempertemukan dua pendapat tersebut, bacaan dihentikan pada lafadz الحجارة , kemudian mengulangi dari lafadz التي atau
dari lafadz sebelunnya yang cocok dan baik.
الإختباري هو ان
يقف علي كلمة لبيان المقطوع و الموطول او بسؤال ممتحن او تعليم القارئ كيف يقف
“ berhenti pada suatu kalimat untuk
menjelaskan al-Maqthu (kalimat yang terpotong) dan al-Maushul ( kalimat yang
bersambung),atau –karena pertanyaan seorang penguji kepada seorang qori’ yang
sedang belajar bagainama cara mewaqafkannya:
وتل عليهم نبأ أبني آدم بالحق
“ kata أبني asalnya
أبنين karena
terjadi idhofah (penyandaran) dengan kata
آدم maka
huruf nunnya hilang, apabila terpaksa berhenti pada kata tersebut atau untuk
mengetahui adanya huruf yang dibuang, maka dibacalah ابني dengan
nun ابنين.
Contoh
dalam surah al-Kahf ayat 110;
قل
إنما أنا بشر مثلكم
“ maka boleh bagi seorang berhenti pada lafadz
انا untuk
memberitahukan kepada muridnya bahwa lafadz tersebut bila diwaqaf maka harus
dibaca panjang dan bila disambung harus dibaca pendek”.
الإختياري هو ان
يقصد لذاته من غير عروض سبب من الاسباب
“ waqaf yang disengaja (atau
dipilih) bukan karena suatu sebab, seperti sebab-sebab diatas.
الإختباري
وقف
التام
|
وقف
الكافي
|
وقف
الحسن
|
وقف
القبيح
|
Di antara tanda waqaf
yang dapat dijadikan pedoman
|
Di antara tanda waqaf
yang dapat dijadikan pedoman
|
Di antara tanda waqaf
yang dapat dijadikan pedoman
|
Di antara tanda waqaf
yang dapat dijadikan pedoman
|
قلي,
ط, م
|
ج
|
صلي
|
لا
|
السكتة
قطع الكلمة من غير تنفس بنية القراءة
“ menahan (suara pada) suatu kalimat
tanpa bernafas, dengan niat melanjutkankembali bacaan”.
وقف لطيفة بقدر حركتين بلا تنفس
“ berhenti sejenak kira-kira dua
harakat tanpa bernafas”.
a.
Berhenti/diam
sambil menahan nafas
b.
Lamanya
kira-kira dua harakat
c.
Dilakukan
tanpa bernafas/tidak memutuskan nafas/tidak melepas nafas.
d.
Diniatkan
untuk melanjutkan kembali bacaan.
مكانة
السكتة في القراءة
سورة
الكهف: ۱ , سورة يس ٥٢
|
سورة
القيامة: ٢٧, سورة المطففين: ۱٤
|
سورة الكهف
الحمد لله الذى أنزل علي عبده الكتب ولم يجعل له
عوجا2-
سكتة- قيما لينذز
“
tujuan saktah pada ayat ini untuk menjelaskan atau memisahkan dua lafadz agar
tidak disangka satu lafadz”.
Jelasnya
“
lafadz عوجا menjadi
maf’ul bagi يجعل , sedang
قيما menjadi
hal (keterangan) bagi الكتاب apabila
kedua lafadz tersebut disambung. Maka lafadz قيما menjadi
sifat bagi عوجا padahal
kedua mempunyai makna yang saling bertolak belakkang. Lafadz عوجا artinya kebengkokan, sedang lafadz قيما artinya
lurus.
سورة يس ٥٢
قالوا يويلنا من بعثنا من مرقدنا-سكتة- هذا ما
وعد الرحمن وصدق المرسلون
“ tujuan saktah pada ayat ini untuk memisahkan perkataan orang
kafir dengan perkataan orang perkataan orang kafir selesai pada lafadz من مرقدنا Sedang
lafadz
هذا ما
وعد الرحمنadalah perkataan orang mu’min. Apabila dua kalimat tersebut
disambung
maka
kesalahan tidak hanya terjadi pada segi kalimat, tetapi juga terjadi pada segi
makna. Makanya terjadi pertentangan, karena makna ما pada lafadz هذا ما
وعد الرحمنakan berubah menjadi ما نفي yang
berarti Allah tidak menjanjikannya.
سورة
القيامة ٢٧
وقيل
من- سكتة- راق
“ tujuan saktah pada lafadz ini
untuk menunjukan bahwa kalimat sesudah dan sebelum saktah bukanlah satu kalimat
tetapi dua kalimat. Apabila dua kalimat itu dibaca washal bukan saktah, maka
akan menjadi hukum isham bila ghunna, yang menjadikan kita sulit membedakan
bahwa lafadz tersebut terdiri atas dua kalimat.
سورة المطففين
۱٤
كلا
بل- سكتة- ران علي قلويهم ما كانو يكسبون
“ tujuan saktah pada lafadz ini
untuk menunjukan bahwa kalimat sebelum dan sesudah saktah bukanlah satu
kalimat, tetapi dua kalimat. Bila dua kalimat itu dibaca washal bukan saktah,
maka akan terjadi idgham mutaqoribain shogi, yang akan membuat kita sulit
membedakan bahwa lafadz tersebut terdiri dari dua lafadz.
القطع
قطع القراءة رأسا كالإنتهاء
“ memutuskan bacaan seketika dengan
tujuan untuk mengakhiri bacaan (tidak berniat melanjutkan bacaan lagi)
Tabel Perbedaan
Bacaan
|
Suara
|
Nafas
|
Niat
|
Isti’adzah
|
|
Waqof
|
Terputus
|
Terputus
|
Terputus
|
Tidak
terputus
|
Tidak
perlu
|
Saktah
|
Tidak
terputus
|
Terputus
|
Tidak
terputus/ditahan
|
Tidak
terputus
|
Tidak
perlu
|
Qathu’
|
Terputus
|
Terputus
|
Terputus
|
Terputus
|
Perlu
|
الألفاظ العربية في القرآن الكريم
الإختلاس
|
الإشمام
|
النقل
|
الإمالة
|
التسهيل
|
التسهيل
النطق
بين الهمزة والألف
“Mengeluarkan suara antara hamzah
dan alif atau meringankan ucapan dengan mengeluarkan suara antara hamzah dan
alif”.
ولو جعلنا قرءانا ...........ءأعجمي و
عربي........فصلت ٤٤
“ hamzah
pertama yang dibaca biasa sedangkan hamzah kedua (yang ditulis dalam huruf alif
berharakat) dibaca ringan antara hamzah dan alif tanpa mad tetapi lebih dekat
kepada alif.
الإمالة
ان ينحو بالفتحة نحو الكسرة و بالألف نحو الياء
“ menyondongkan (suara) fathah ke
arah kasrah atau ( suara alif ke ya)atau mengucapkan suara fathah condong ke
arah kasrah”.
وقال.......بسم الله مجرها
و مرسها............. هود٤۱
النقل
“ memindahkan harakat suatu huruf pada
huruf lainnya dalam ucapan dan tidak dalam tulisan’.
بئس
الإسم الفسوق- الحجرات ۱۱
بئس
اَلِسْمُ
Dengan
membaca huruf hamzah
|
بئس
لِسم
Dengan
membaca huruf lam
|
الإشمام
ضم الشفتين بعيد الإسكان إشارة بالضم بغير صوت و
بغيرتنفس
“ memonyongkan dua bibir tanpa suara
dan bernafas untuk mengiringi huruf yang mati, sebaagai isyarat dhommah”.
قالوا
يأبانا ما لك لا تأمنا علي يوسف وإناله لنصحون يوسف
۱۱
Disuarakan
antara fathah dan dhommah sampal kedua bibirr dimonyongkan ke depan .نا
الإختلاس
“ mempercepat bacaan seakan- akan antara dua
huruf bersambung”.
ويتقه فأولئك- النور ٥٢
“ mempercepat pengucapan huruf “Ha” yang berharakat kasrah untuk kemudian
dengan cepat berpindah mengucapkkan huruf “Fa” yang berharakat fathah.
THE END
No comments:
Post a Comment